Thursday, January 25, 2018

Perkembangan Teknologi Mobile Saat Ini dan Di Masa Yang Akan Datang

0

  • Perkembangan Teknologi Mobile Saat Ini 
Mobile teknologi merupakan suatu perangkat teknologi yang berbasis mobile atau yang biasa kita sebut dengan Handphone atau (HP), handphone merupakan suatu alat komunikasi yang tidak asing lagi di dengar di telinga kita, hampir semua orang sekarang menggunakan handphone sebagai alat komunikasi, bahkan zaman sekarang sudah ada yang namanya smartphone, dimana smartphone ini lebih canggih dan lebih menarik di bandingkan dengan handphone-handphone biasa, teknologi yang digunakan dalam smarthphone jauh lebih canggih dengan handphone biasa.

Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan  jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSUPA bahkan 4G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer (apalagi jika menjalankan OS).


Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat dan juga bagi para remaja sekarang yang mulai aktivitas di internet juga mendapatkan keuntungan karena ponsel sudah mendukung koneksi internet GPRS, EDGE,3G dan 4G. Untuk yang ingin berinternet ria tanpa menghabiskan pulsa juga bisa memakai ponsel berkoneksi Wi-Fi

Beberapa keunggulan teknologi mobile saat ini adalah
  1. Adanya pengaman yang semakin ketat terhadap kepemilikan smartphone
    saat ini mayoritas smartphone menggunakan sidik jari maupun deteksi muka kita supaya tidak ada yang bisa meretas smartphone kita. sehingga keamanan pun semakin terjaga
  2. Beberapa aplikasi penyimpanan file yang tidak terbatas
    contohnya adalah Google Drive dan Dropbox, mereka menawarkan beberapa gigabyte untuk free user dan apabila anda mengalami kekurangan memory penyimpanan, bisa menggunakan versi premiumnya.
  3. Adanya teknologi 4G
    Teknologi 4G akan mampu untuk menyediakan Internet Protocol (IP) yang komperhensif di mana suara, data dan streamed multimedia dapat diberikan kepada para pengguna “kapan saja, di mana saja”, dan pada kecepatan transmisi data yang lebih tinggi dibanding generasi yang sebelumnya.



  • Perkembangan teknologi di masa depan
  1. THE SECOND LIFE MOBILE CONCEPT
    ini menghadirkan sebuah teknologi layar AMOLED tranparan dengan teknologi apa yang mereka sebut sebagai E-ink. E-ink sendiri merupakan teknologi yang mampu mengubah warna keseluruhan layar AMOLED ponsel tergantung pada kondisi baterai. Jika kondisi baterai kuat, maka layar AMOLED secara keseluruhan akan berwarna dengan intensitas yang cukup padat. Semakin lemah baterai, semakin pudar warna yang dihadirkan dan pada akhirnya berakhir pada warna yang hanya hitam dan putih saja. E-ink sendiri dihadirkan selain untuk melakukan penghematan pada baterai, juga sebagai indikator yang lebih jelas tentang kapan waktu mengisi baterai yang tepat.
  2. VIRTUAL REALITY (VR)
    Apabila dulu kita nonton dan main game cuma sebatas dari layar aja, dengan menggunakan VR kita seakan-akan masuk ke dalam film atau game. Caranya dengan menggunakan kacamata khusus yang bmembuat kita benar-benar berhadapan dengan game atau film yang kita mainkan dan tonton. VR ini juga disertai dengan kursi yang membuatnya semakin menyenangka, Karena kursi ini akan bergerak sesuai dengan film atau games yang sedang jalan. Misalnya kita sedang main jet coaster, kursinya juga akan bergerak sesuai dengan goyangan jet coaster yang ada di layar.
  3. CICRET BRACELET
    Gelang ini tidak seperti gelang biasa, karena saat digoyangkan, gelang ini akan mengeluarkan suatu bayangan layar yang menampilkan gadget yang kita miliki. Gelang ini juga bisa digunakan selayaknya gadget atau smartphone seperti chatting dan kirim e-mail. Keunggulan lainnya adalag gelang ini juga anti air. Cara kerjanya cukup dengan menggunakan wifi atau Bluetooth yang tersambung ke smartphone kita dan semuanya akan langsung terhubung. Di dalam Cicret Bracelet ini sendiri juga ada memori sebesar 16 GB dan 32 GB untuk menyimpan data.
  4. TILE
    Benda berbentuk kotak ini hanya perlu kita tempel ke benda-benda kita yang sering hilang. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dalam handphone, kita bisa menyalakan alarm untuk mengetahui letak Tile yang sudah menempel di barang kita tersebut. Kita juga bisa melihat maps untuk tau di mana terakhir kali kita meletakkan barang tersebut. Keunggulan lainnya, Tile ini juga tidak perlu di-charge dan baterai. Dan apabila handphone kita yang hilang, kita cukup “tap” sebanyak dua kali ke alat Tile ini, dan handphone kita akan berbunyi sekalipun dalam keadaan silent.
  5. JARINGAN 5G
    Generasi ke 5 Mobile Network atau hanya 5G adalah revolusi teknologi mobile yang akan datang. Fitur dan kegunaannya jauh melampaui harapan manusia normal. Dengan kecepatan ultra-tinggi, cukup potensial untuk mengubah makna kegunaan ponsel.
    Dengan sederet fitur inovatif, sekarang ponsel pintar Anda akan lebih sejajar dengan laptop. Anda bisa menggunakan koneksi internet broadband; Fitur penting lainnya yang mempesona orang adalah pilihan game yang lebih banyak, pilihan multi
    media yang lebih luas, konektivitas di mana-mana, zero latency, waktu respon lebih cepat, dan suara berkualitas tinggi dan video HD dapat ditransfer ke ponsel lain tanpa mengorbankan kualitas audio dan video.
source :
http://tutorialku.xyz/apa-itu-teknologi-5g/

Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM   : 1401164235
Kelas  : MB-39-05
Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)

0 comments:

Post a Comment