Saturday, February 3, 2018

PENGGUNAAN CDN PADA PERUSAHAAN APPLE

0

Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Disini saya akan menjelaskan beberapa hal tentang iOS. iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tidak seperti Windows Phone (Windows CE) Microsoft dan Android Google, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Karena banyaknya pengguna Apple di dunia ini, maka Apple menggunakan CDN supaya pendistribusian ios mereka bisa tersebar dengan cepat dan merata. Sejak iOS pertama yang dibentuknya, Apple menggunakan Akamai dan CDN lainnya untuk mengantarkan sebagian besar lalu lintas jaringan mereka kepada konsumennya. Mereka menggunakan Akamai Content Delivery Network (CDN) saat perangkat iOS anda meminta jaringan untuk mengunduh iOS versi terbaru. Akamai adalah perusahaan yang memiliki puluhan ribu server di seluruh dunia yang akan mengirimkan update tersebut.

Namun, pada saat iOS 8 dibentuk, Apple sudah tidak lagi menggunakan CDN milik Akamai tersebut untuk di beberapa negara tertentu, kabarnya adalah Apple telah menggunakan CDN miliknya sendiri dalam merilis upgrade iOS 8 miliknya untuk pendistribusian di negara Amerika Utara.  Pada akhir Mei 2014, Apple berencana untuk membuat jaringan pengiriman konten atau Content Delivery Network (CDN) miliknya sendiri secara langsung ke iPhone, iPad, dan Mac, setelah lama mengandalkan CDN dari pihak ketiga, seperti Akamai. Dua bulan kemudian, tepatnya pada Juli 2014,  Apple sudah mulai menggunakan CDN mereka sendiri ke berbagai layanan konten Apple, seperti iTunes, iTunes Radio, dan aplikasi dari App Store beserta update iOS dan Mac OS X. Penggunaan CDN Apple tersebut diduga lebih cepat dari yang diharapkan, Kecepatan pembangunan dan jumlah uang yang mereka keluarkan untuk infrastruktur sangat luar biasa. Dalam perhitungan, Apple telah menempatkan beberapa terabit per detik kapasitas dan pada akhir tahun 2014,menginvestasikan lebih dari $ 100 juta dalam CDN mereka.

Apple diduga telah bekerja membangun jaringan pengiriman konten ini selama beberapa tahun, dengan akselerasi yang cepat di tahun 2013 lalu untuk menghadirkan pelayanan online. Peluncuran jaringan ini membawa pengiriman konten di bawah kendali langsung Apple, dan membantu memastikan pelanggannya dapat mengakses data dengan lebih andal dan cepat.




sumber :
https://www.macrumors.com/2014/07/31/apple-content-delivery-network/
https://9to5mac.com/2014/09/18/apple-for-the-first-time-used-its-own-cdn-to-deliver-ios-8-upgrade/
https://en.wikipedia.org/wiki/MacOS
https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.


Tugas 2
Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM   : 1401164235
Kelas  : MB-39-05
Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)


0 comments:

Post a Comment