Saturday, February 24, 2018

Mobility Factor

0

Image result for wechat


Ada 5 faktor yang mempengaruhi peran mobility factor, yaitu

  1. infrastruktur
  2. operator jaringan
  3. produsen perlengkapan perangkat
  4. distribusi dan ritel
  5. konten aplikasi dan pelayanan lainnya.
Faktor faktor diatas merupakan faktor yang saling mendukung dan berhubungan contohnya adalah apabila dilihat dari segi infrastruktur, harus dibangun dengan perencanaan yang mata dan dapat di sosialisasikan dengan masyarakat. Pada saat infrastruktur dibangun, maka operator jaringan juga bekerjasama dengan infrastruktur tersebut untuk mendukung kemudahan dalam pengaplikasian infrastruktur tersebut

Perkembangan Teknologi di China
Di Tiongkok, mereka sudah meminimalkan penggunaan uang tunai dan berganti dengan uang elektronik atau virtual. Mereka merasa bahwa transaksi uang tunai tak lagi berguna serta merepotkan. Fitur transfer uang digital WeChat diperkenalkan Agustus 2013. Sementara transaksi dengan toko mitra, dijuluki WeChat Pay, mulai berfungsi September 2014. Pengguna WeChat otomatis terhubung dengan rekening bank masing-masing; artinya, baik transaksi online maupun di toko ritel offline, semua transaksi bisa dilakukan hanya dengan ponsel asalkan tersedia kode QR.
Internet di Tiongkok dikontrol ketat oleh negara. Alhasil berkembangnya metode cashless di masyarakat sana tidak terlalu mengherankan. Dengan penduduk terbesar sedunia, tapi pilihan jasa yang tersedia relatif terbatas, maka keberhasilan satu sistem akan cepat menjalar dan diadopsi banyak orang. Kesadaran pengusaha Cina memanfaatkan mekanisme cashless sangat tinggi, sehingga transisi ke budaya nontunai berlangsung relatif bebas hambatan.



Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM   : 1401164235
Kelas  : MB-39-05

Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)

0 comments:

Post a Comment