Trust atau Kepercayaan merupakan komponen penting dalam bisnis. Ia merupakan perekat antara perusahaan dengan konsumen dan komunitas dimana perusahaan beroperasi. Konsumen akan lebih cenderung membeli produk dari perusahaan yang mereka percaya dan masyarakat cenderung lebih mendukung operasi bisnis didalam komunitasnya, hanya apabila mereka mempercayai perusahaan tersebut.
Perusahaan
yang ingin tetap awet dalam jangka panjang, harus mengetahui bahwa memelihara
tingkat kepercayaan berarti membangun reputasi merek yang lebih kuat, lisensi
sosial yang lebih andal untuk beroperasi, dan kemampuan untuk menarik dan
mempertahankan sumberdaya manusia dan modal.
Dari
perspektif yang paling dasar, kepercayaan merupakan elemen yang patut
diperhitungkan: sebuah analisis 10 tahun dari Fortune.com telah menunjukkan
bahwa kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan dan tingkat profitabilitas
saling terikat erat satu dengan yang lain. Kehilangan kepercayaan – dengan
menyalahgunnakan pekerja dan lingkungan, menyogok orang-orang pemerintah untuk
memenangkan tender, mempengaruhi proses pembuatan kebijakan publik untuk lebih
menguntukan kepentingan bisnis, atau dengan tidak memberikan produk pelayanan
yang konsisten dan berkualitas – akan memberikan konsekuensi jangka panjang yang
tidak sepadan dengan pendapatan jangka pendek.
Bagaimana
caranya untuk meningkatkan Trust tersebut ? diantaranya adalah
1.
Integritas
Unsur
utama dalam integritas adalah kejujuran. Sekali saja kita berbohong, maka pasti
akan diikuti kebohongan-kebohongan lain untuk menutupinya.
2.
Intensitas
Intensitas
sangat berpengaruh dalam peningkatan trust. Mitra dan relasi bisnis kita tentu
akan melihat sejauh mana keseriusan kita berbisnis. Seberapa rutin mengawal,
memantau, dan mengevaluasinya. Sekuat apa semangat, motivasi dan passion
berbisnis kita dan sejauh mana istiqomah kita menjalankan bisnis tersebut.
3.
Kapabilitas
disinilah
nilai penting bagi seorang pengusaha memiliki skill, ilmu, kapasitas,
kompetensi dan kemampuan mumpuni yang bisa diandalkan.
4.
Result
Jika
track record bisnis kita berorientasi hasil alias menghasilkan profit dan
benefit, tentu trust akan kita dapatkan. Dan berlaku sebaliknya.
Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM : 1401164235
Kelas : MB-39-05
Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)
Mantap kali kak
ReplyDelete