Friday, April 6, 2018

Trust (Kepercayaan)

1


Related image



Trust atau Kepercayaan merupakan komponen penting dalam bisnis. Ia merupakan perekat antara perusahaan dengan konsumen dan komunitas dimana perusahaan beroperasi. Konsumen akan lebih cenderung membeli produk dari perusahaan yang mereka percaya dan masyarakat cenderung lebih mendukung operasi bisnis didalam komunitasnya, hanya apabila mereka mempercayai perusahaan tersebut. 
Perusahaan yang ingin tetap awet dalam jangka panjang, harus mengetahui bahwa memelihara tingkat kepercayaan berarti membangun reputasi merek yang lebih kuat, lisensi sosial yang lebih andal untuk beroperasi, dan kemampuan untuk menarik dan mempertahankan sumberdaya manusia dan modal. 
Dari perspektif yang paling dasar, kepercayaan merupakan elemen yang patut diperhitungkan: sebuah analisis 10 tahun dari Fortune.com telah menunjukkan bahwa kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan dan tingkat profitabilitas saling terikat erat satu dengan yang lain. Kehilangan kepercayaan – dengan menyalahgunnakan pekerja dan lingkungan, menyogok orang-orang pemerintah untuk memenangkan tender, mempengaruhi proses pembuatan kebijakan publik untuk lebih menguntukan kepentingan bisnis, atau dengan tidak memberikan produk pelayanan yang konsisten dan berkualitas – akan memberikan konsekuensi jangka panjang yang tidak sepadan dengan pendapatan jangka pendek. 

Bagaimana caranya untuk meningkatkan Trust tersebut ? diantaranya adalah
1. Integritas 
Unsur utama dalam integritas adalah kejujuran. Sekali saja kita berbohong, maka pasti akan diikuti kebohongan-kebohongan lain untuk menutupinya.
2. Intensitas
Intensitas sangat berpengaruh dalam peningkatan trust. Mitra dan relasi bisnis kita tentu akan melihat sejauh mana keseriusan kita berbisnis. Seberapa rutin mengawal, memantau, dan mengevaluasinya. Sekuat apa semangat, motivasi dan passion berbisnis kita dan sejauh mana istiqomah kita menjalankan bisnis tersebut.
3. Kapabilitas 
disinilah nilai penting bagi seorang pengusaha memiliki skill, ilmu, kapasitas, kompetensi dan kemampuan mumpuni yang bisa diandalkan.
4. Result 
Jika track record bisnis kita berorientasi hasil alias menghasilkan profit dan benefit, tentu trust akan kita dapatkan. Dan berlaku sebaliknya.


Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM   : 1401164235
Kelas  : MB-39-05
Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)

1 comment: