Wednesday, March 28, 2018

Real Time Economy

2

Image result for REAL TIME ECONOMY


Real Time atau Waktu-nyata adalah keadaan yang sedang berjalan, apa yang kita rasakan, dengarkan dan lihat pada saat itu. Situasi waktu-nyata akan menjadi jelas bila kita mengambil studi kasus pada sistem komputer. Pada waktu menulis naskah dengan komputer, kita memasukkan data tulisan tersebut melalui keyboard. Dalam toleransi waktu yang telah ditentukan, komputer akan menampilkan tulisan tersebut ke layar komputer. Karena toleransi waktu ini hitungannya dalam sepersekian detik maka mata kita tidak dapat melihatnya. Bila toleransi waktu ini dilewati misalnya data yang diketikkan muncul sekian detik kemudian, maka kondisi ini dikatakan bukan waktu-nyata.

Pada real time system, digunakan batasan waktu. Sistem dinyatakan gagal jika melewati batasan yang ada. Misal pada sistem perakitan mobil yang dibantu oleh robot. Tentulah tidak ada gunanya memerintahkan robot untuk berhenti, jika robot sudah menabrak mobil. 

Real time system banyak digunakan dalam bermacam-macam aplikasi. Real time system tersebut ditanam di dalam alat khusus seperti di kamera, mp3 players, serta di pesawat dan mobil. Real time system bisa dijumpai pada tugas-tugas yang mission critical, misal sistem untuk sistem pengendali reaktor nuklir atau sistem pengendali rem mobil. Juga sering dijumpai pada peralatan medis, peralatan pabrik, peralatan untuk riset ilmiah, dan sebagainya. 

Ada dua model Real time system , yaitu hard real time dan soft real time. 
1.Hard real time mewajibkan proses selesai dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak, maka gagal. Misalnya adalah alat pacu jantung. Sistem harus bisa memacu detak jantung jika detak jantung sudah terdeteksi lemah. 
2.Soft real time menerapkan adanya prioritas dalam pelaksanaan tugas dan toleransi waktu. Misalnya adalah transmisi video. Gambar bisa sampai dalam keadaan terpatah-patah, tetapi itu bisa ditolerir karena informasi yang disampaikan masih bisa dimengerti. 

Real-Time Economy adalah lingkungan di mana semua transaksi antara pihak bisnis dalam format digital, semakin otomatis dihasilkan, dan diselesaikan secara real-time baik dari perspektif bisnis dan pemrosesan IT. Untuk perusahaan, sektor publik, dan warga, ini berarti, misalnya, pesanan, konfirmasi pesanan, faktur, dan pembayaran mengalir dari sistem ke sistem tanpa penundaan. Ini memungkinkan untuk bergerak ke arah pengarsipan elektronik, pembukuan elektronik, dan akuntansi otomatis. 

Penggunaan real-time economy dirasa sangat penting di era modern ini dikarenakan real-time economy merupakan sebuah solusi dari perilaku pasar yang sangat dinamis. Real-time economy juga memberikan manfaat bagi seluruh peran bisnis sehingga pengunaanya dirasa wajib dalam aktivitas bisnis di era ini.



Nama : Tsalisa Nabila A.
NIM   : 1401164235
Kelas  : MB-39-05

Mata Kuliah : New Digital Economy (NDE)

2 comments: